You are here:Home » Jaringan Nirkabel » Jenis jenis teknologi jaringan nirkabel

Jenis jenis teknologi jaringan nirkabel

JENIS – JENIS TEKNOLOGI NIRKABEL


Teknologi jaringan nirkabel merupakan transfer informasi  antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik.  Jaringan nirkabel ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaanya. Kelebihan dari jaringan ini yaitu lebih mudah dalam proses instalasi, area kerja yang luas, serta kebebasan dalam beraktivitas. Kekurangan dari teknologi nirkabel ini yaitu  lebih mahal, delay besar,dan tata keamanan tidak terjaga.

1.Nirkabel  WPAN
WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area kecil. contoh: Bluetooth,infrared,Zigbee.

2.Nirkabel WLAN
WLAN (Wireless Local Area Network)atau wifi memiliki jangkauan lebih baik dibanding dengan WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal ,namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet seperti dalam satu gedung.
WLAN memiliki standar komunikasi yang diatur oleh sebuah lembaga. Standar komunikasi data yang digunakan dalam WLAN umumnya adalah keluarga Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11.



0 komentar:

Posting Komentar