Belajar Cara Membuat Aplikasi Basic Android Augmented Reality di Unity dan Vuforia.
Nah Sekarang kita akan Belajar Cara Membuat Aplikasi Basic Augmented
Reality di Unity dan Vuforia di Smartphone Android, atau juga di Tablet
Android agar Tampilan layar jadi lebih besar. Aplikasi yang akan dibuat
sederhana , mungkin bisa juga disebut Basic untuk Membuat Aplikasi
Augmented Reality di Unity dan Vuforia khususnya di Platform Android.
Kita Menggunakan Software Unity Free dan Plugin Vuforia untuk membuatnya.
Yang kalian butuhkan :
- Smartphone/Tablet Android
- Software Unitiy Free
- Plugin Vuforia SDK
Setelah kalian Download Unity Free (kalian bisa membeli versi Pro ) kalian klik
Unity-Setup.exe nya lalu Install Seperti Software pada Umumnya(Versi Unity akan berubah tergantung Update).
 |
Unity Setup |
Lalu Setelah Install Kalian Buka Software Unitynya kalian akan melihat loading Unity seperti gambar dibawah:
 |
Loading Unity 4.3.0 |
Lalu kita buat Project Baru
File >New Project
Kalian Bisa menentukan lokasi folder untuk penyimpanan project dan memberi nama project.
Lalu Pilih Create
 |
Lokasi Folder Project |
Kemudian kalian akan melihat tampilan default Unity seperti gambar di bawah:
 |
Layout Default Unity |
Sebelumnya kita perlu Setting ke Platform Android agar bisa berjalan di Smartphone/Tablet Android.
Pilih
File > Build Settings
 |
File > Build Settings |
Lalu muncul tampilan
Build Settings Seperti gambar di bawah:
Kita Pilih Platform Android lalu
Switch Platform.
Setelah itu Pilih
Player Settings.
 |
Build Settings Unity |
Akan muncul tampilan
Player Settings Seperti gambar di bawah :
Pilih
Resolution and Presentation atur seperti di gambar
 |
Player Settings |
Pilih
Other Settings , lalu atur
Bundle Identifier dan
Minumum Api Levelnya.
 |
Player Settings |
Setelah itu kita import
Vuforia SDK kedalam Project Aplikasi kita.
Bisa juga disebut Vuforia Unity Plugin (Versi Vuforia akan berubah tergantung Update) .
 |
Vuforia Unity |
Pilih
All dan
Import.
Package
Vuforia Plugin akan masuk ke folder
Assets di Unity seperti di gambar
 |
Vuforia di Unity |
Untuk Membuat Aplikasi Basic Android Augmented Reality kita bisa Mencari folder
Prefabs
lokasi : Assets>Qualcomm Augmented Reality>Prefabs
Kita bisa menghapus
Main Camera, lalu Mendrag file
ARCamera dan
ImageTarget kedalam panel
Hierarchy.
 |
Drag file ARCamera dan Image Target |
Kemudian kita akan membuat
Marker dari
Image Target
Pilih Image Target pada panel
Hierarchy lalu pada bagian
Inspector di bagian Kanan pilih
No Target Defined...
Kita akan masuk ke Situs Web Vuforia Developer Portal
Jika kalian sudah punya akun Vuforia Developer kalian bisa
Login jika belum kalian bisa
Register.
Lalu kalian bisa menyiapkan gambar untuk
Marker pada
Image Target
Saya menggunakan Gambar berikut untuk
Marker.
Kalian bisa membuat Database untuk menyimpan gambar-gambar untuk Marker.
Dengan cara pada
Target Manager pilih
Create Database lalu isi nama database.
 |
Create Database |
Pilih nama
Database kalian
Lalu Pilih Add Target pajak kanan atas.
 |
Add Target |
Lalu isi Target Name, pilih Target Type. atur Target Dimension dan lokasi gambar yang akan dijadikan Marker pada Target Image File seperti gambar di bawah.(Atau sesuaikan dengan settingan kalian).
 |
Add New Target |
Pilih
Target yang telah di buat, kemudian pilih
Download Selected Targets.
 |
Pilh Target |
Akan muncul Tampilan Download Selected Targets.
Pilih
Unity Editor lalu
Create
 |
Download Selected Targets |
Secara Otomatis akan mendownload unitypackage.
Buka unitypackage yang telah dibuat .
Kemudian akan muncul tampilan
Importing Package
Pilih
All lalu
Import.
 |
Import Unity Package |
Pada bagian
Image Target Behaviour.
Atur
Data Set dan sesuaikan dengan nama unitypackage kalian
Dan
Marker akan terload secara otomatis
 |
Image Target Behaviour |
Kemudian kita atur Camera Priview pada ARCamera dan kita setting pada bagian Inspectors
seperti gambar dibawah
 |
Atur Camera Priview dan Setting Inspector |
Setelah semua selesai kita buat Object 3D , kita bisa buat Sample 3D nya di Unity
(i) Software Unity Bukan Software Modelling kalian harus membuat Model 3D nya di Software Modelling seperti Blender dan 3DSMax
Kalian bisa membuatnya dengan memilih GameObject>Create Other> Pilih Cube(atau Obyek 3D lain)
 |
Game Object |
Kemudian Posisikan Cube ata Obyek 3D lain tepat diatas Marker yang telah di buat seperti gambar .
 |
Posisi Obyek tepat di Atas Marker |
Setelah selesai semuanya kita Jalankan Aplikasi di menu Build Settings.
Pilih Add Curent lalu Build And Run. lalu save nama apk kalian.
Pastikan Smartphone/Tablet Android kalian sudah menggunakan mode USB
Debugging dan Adb/Usb driver sudah terinstall di PC/Laptop kalian.
Untuk perangkat Android bertipe MTK bisa Baca:
 |
Build And Run |
Saat kita menempatkan Aplikasi AR kita pada marker hasilnya akan seperti gambar dibawah
Hasil :
 |
Hasil | | | | | | | | | | | | |